Minggu, 01 Desember 2019

MEMBUAT OBJEK DI JAVA MENGGUNAKAN APLIKASI NETBEANS

Assalamu'alaikum Wr, Wb.
Oke Teman-teman semuanya, di sini saya akan berbagi bagaimana cara menambahkan objek berupa garis, lingkaran, dan lain-lain pada java menggunakan aplikasi netbeans.

Pertama – tama buat project dan class baru, setelah melakukan tersebut tambahkan import seperti pada gambar dibawah ini :
Fungsi dari beberapa import tersebut adalah :
Java.awt.* : Abstract Windowing Toolkit (AWT), atau disebut juga “Another Windowing Toolkit”, adalah pustaka windowing bertujuan umum dan multiplatform serta menyediakan sejumlah kelas untuk membuat GUI di Java. Dengan AWT, dapat membuat window, menggambar, manipulasi gambar, dan komponen seperti Button, Scrollbar, Checkbox, TextField, dan menu pull-down.
java.awt.BasicStroke : Digunakan untuk membuat garis putus – putus
java.awt.Color : Memberikan warna pada bagian tertentu dari komponen grafis
java.awt.Font : Mengubah bentuk kata
java.awt.Graphics : Graphics mempunyai banyak metoda yang dapat digunakan untuk menggambar string, garis dan juga berbagai bentuk bangun
java.awt.Stroke :  Stroke memungkinkan objek Graphics2D untuk mendapatkan Shape yang dihiasi outline, atau representasi gaya dari outline, dari Shape yang ditentukan
java.awt.geom.Line2D : Digunakan untuk membuat garis
javax.swing.* : Swing merupakan salah satu cara untuk mengimplementasikan pemrograman window pada java. Swing menggunakan metode “Painted” yaitu, setiap User Interface Elemen di Gambar ke dalam window/frame kosong.Komponen swing bersifat lightweight, yaitu komponen dapat ditampilkan sama pada sistem operasi multi-platform. Semua komponen pada Swing diawali dengan huruf “J”, misalnya Jbutton, JtextArea, Jlabel
javax.swing.JPanel : Berfungsi sebagai container componen (komponen wadah) dimana komponen Java lainnya diletakkan
javax.swing.JFrame : JFrame adalah jendela utama yang kita gunakan untuk menampilkan komponen yang kita inginkan pada layar, atau dengan kata lain, JFrame digunakan untuk mendesain model tampilan yang didalamnya dapat kita tempatkan komponen-komponen lainnya.

Setelah menambahkan import, lalu masuk ke tahap pengkodean. 
Yang pertama, garis

Line 24, 29, 34 merupakan comment, sehingga tidak dibaca
setColor() : Digunakan untuk menambahkan warna pada objek
drawString(“Garis”, 300, 60) : Digunakan untuk menggambar kata, parameter 1 untuk kata yang akan dibentuk, parameter 2 untuk koordinat x, dan parameter 3 untuk koordinat y
drawLine() : Digunakan untuk menggambar garis, ada 4 parameter, parameter 1 dan 2 merupakan titik awal koordinat x dan y, dan parameter 3 dan 4 titik akhir koordinat x dan y

Yang kedua Persegi/Segi Empat dengan gambar kedua sudut tumpul

drawRect() : Digunakan untuk menggambar kotak, dimana ada 4 parameter, parameter 1 dan 2 menentukan sudut kiri atas dan parameter 3 dan 4 menentukan panjang dan lebar.
fillRect : Sama seperti drawRect, yang berbeda yaitu ini digunakan untuk menggambar persegi berwarna

Yang ketiga, Persegi Panjang dengan gambar kedua sudut tumpul :
drawRoundRect() : Digunakan untuk menggambar persegi/persegi panjang dengan sudut tumpul. Memiliki 6 parameter, parameter 1 – 4 mempunyai fungsi yang sama dengan dengan paramter drawrect sedangkan parameter 5 dan 6 digunakan untuk menentukan lebar dan panjang sudut tumpul
fillRoundRect() : Sama seperti drawRoundRect, yang berbeda yaitu ini digunakan untuk menggambar persegi sudut tumpul berwarna

Yang keempat, Oval/Lingkaran
drawOval : Digunakan untuk menggambar oval/lingkaran. Memiliki 4 parameter, parameter 1 dan 2 untuk menentukan koordinat sudut melingkar dan parameter 3 dan 4 untuk lebar dan tingginya
fillOval : Sama seperti drawOval, yang berbeda fillOval berwarna

Yang kelima, garis tebal
Graphics2D : Digunakan untukmenggambar objek 2d
BasicStroke : Membuat garis tebal, dimana parameternya digunakan untuk menentukan seberapa tebal garis tersebut
setStroke : Digunakan untuk menebalkan garis

Yang keenam, Garis putus – putus (Dot/Strip) :
float[] pola1 : Untuk mendeskripsikan garis putus – putus
float dashPhase : Offset dimana garis putus-putus harus dimulai
dashPattern[] : Pola garis putus-putus

Berikut merupakan hasil outputnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMBUAT OBJEK PRIMITIF "ARCS" DI JAVA HANYA DENGAN 3 LANGKAH (NetBeans App)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hal teman-teman. Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara membuat Objek Primitif "Arcs" di Jav...