Kamis, 03 Oktober 2019

Tugas 1 Grafika Komputer (FARKHAN HALIM, NPM 011180169)


GRAFIKA KOMPUTER
STMIK PALCOMTECH PALEMBANG
Palembang, 3 Oktober 2019

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Halo teman-teman, di postingan ini saya akan berbagi sedikit pembahasan tentang Grafika Komputer.

  • APA ITU GRAFIKA KOMPUTER?
Grafika Komputer yaitu ilmu yang membahas tentang pembuatan gambar atau visual. Grafika komputer menghasilkan gambar/citra dengan primitif-primitif geometris seperti garis, lingkaran, persegi dll.
Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dsb. Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.


  • PERBEDAAN GRAFIKA KOMPUTER DENGAN PENGOLAHAN CITRA DAN PENGENALAN POLA
- Grafika Komputer adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut.  Grafika komputer merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism). Grafika komputer bertujuan menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb. Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dsb. Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.

- Pengolahan Citra adalah pemrosesan citra, khususnya menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik dan sesuai dengan keinginan pemakai. Pengolahan citra bertujuan memperbaiki kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Teknik-teknik pengolahan citra mentransformasikan citra ke citra yang lain. Jadi masukannya adalah citra dan keluarannya juga citra, namun citra keluaran atau hasil mempunyai kualitas lebih baik dari pada citra masukan.

- Pengenalan Pola (bahasa Inggris: pattern recognition) merupakan bidang dalam pembelajaran mesin dan dapat diartikan sebagai "tindakan mengambil data mentah dan bertindak berdasarkan klasifikasi data". Dengan demikian, ia merupakan himpunan kaidah bagi pembelajaran diselia (supervised learning).


  • 3 TEMA UTAMA YANG ADA DI GRAFIKA KOMPUTER
Terdapat tiga tema yang perlu diperhatikan dalam grafika komputer, yaitu :
1. Modelling
    Bagaimana merepresentasikan atau memodelkan sebuah obyek 3dimensi
    Bagaimana kita dapat membuat model dari obyek-obyek tertentu.
2. Animation
    Bagaimana merepresentasikan geerakan sebuah obyek.
    Bagaimana memberikan kendali pada pembuat animasi dalam pembuatan animasi.
3. Rendering
    Bagaimana menstimulasikanmperilaku cahaya.


  • OBJEK PRIMITIF
Penghasilan gambar pada grafika komputer menggunakan primitif grafik dasar. Primitif ini memudahkan untuk menggambar pada layar monitor sebagaimana penggunaan persamaan geometrik sederhana.
Contoh primitif grafik dasar adalah :
- Titik
- Garis, Segiempat
- Kurva, Lingkaran, ellipse, kurva bezier, kurva lainnya
- Fill area
- Text

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMBUAT OBJEK PRIMITIF "ARCS" DI JAVA HANYA DENGAN 3 LANGKAH (NetBeans App)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Hal teman-teman. Pada postingan kali ini saya akan berbagi cara membuat Objek Primitif "Arcs" di Jav...